Labels

Sabtu, 09 Juni 2012

Hadiah terbaik untuk buah hati

Oleh M. Arifuddin*
Ilmu adalah warisan yang paling berharga karena orang yang banyak ilmu pasti banyak amalnya, karena ilmu semakin diinfakkan semakin membersihkan jiwa dan ilmu adalah penentu iman seseorang karena dengan ilmu seseorang akan mengetahui sesuatu dengan realitasnya. Lantas sekolah yang seperti apakah yang kita persiapkan untuk putra-putri kita di tahun ajaran baru nanti?...


Pilih sekolah terbaik!
Memilih sekolah yang baik, tidaklah semudah membalikan telapak tangan, pasalnya sekolah yang baik tidaklah hanya dilihat dari mewahnya gedung sekolah atau bagusnya iklan yang dipasarkan, tapi sekolah yang baik ialah sekolah yang menerima peserta didik dengan kemampuan intelektual, emosional maupun sepiritual beragam dan menghasilkan ouput yang luarbiasa atau paling tidak hampir rata-rata.

Adapun kiat-Kiat yang bisa kita lakukan ketika memilih sekolah yang baik sebagai berikut:

1.      Tentukan visi misi keluarga.
Sebelum kita melangkah untuk  memilih sekolah yang baik, tentunya kita harus memiliki visi dan misi. Tentunya visi misi ini sebagi harapan apa yang kita inginkan  dari sekolah tersebut, Ingin seperti apa anak kita nantinya. Seyaongyanya visi misi ini harus di musyawarah di dalam kelurga. 

2.      Pilih sekolah yang memiliki visi misi yang relevan.
Setelah kita memiliki visi misi yang baik, barulah kita mencari sekolah yang memiliki visi misi yang sejalan dengan visi misi kita  atau paling tidak ada kemiripan di dalamnya. Ingat jangan hanya memilih satu sekolah saja, usahakan kita melakukan observasi di sekolah lain sebelum kita memutuskan memilih sekolah tersebut.

3.      Lokasi
Setelah melakukan pemilihan sekolah berdasarkan visi dan misi selanjutnya adalah melihat lokasi sekolah terebut, apakah lokasinya mudah di jangkau dan terletak di tempat yang setrategis.





4.      Biaya.
Pilihlah sekolah yang sesuai dengan kemampuan ekonomi kita, jangan paksakan diri kita memilih sekolah yang mewah lantaran gengsi kepada tetangga atau sanak saudara. Karena itu  akan memberatkan anda kita proses belajar mengajar sudah berjalan. Usahakan tanyakan berapa biaya uang pangkal, SPP dll, sebelum memilih sekolah tersebut.

5.      Lihat siapa gurunya.
Guru adalah penentu akan jadi seperti apa anak kita kelak, karena anak adalah peniru yang baik. Apabila guru tidak memiliki ahlaq yang baik sudah barang tentu muridnya juga tidak memiliki ahlaq yang baik dan pastikan guru tersebut berkompeten di bidangnya.



6.      Kurikulum dan metode pembelajaran.
Lihatlah kurikulum dan metode yang diterapkan di sekolah tersebut, misalnya anak anda tipe anak yang aktif, tidak betah berlama-lama di kelas. Maka masukkanlah ia ke sekolah alam atau sekolah-sekolah yang lebih banyak belajar di luar kelas.

7.      Perhatikan jumlah murid dan guru.
Untuk anak usia PAUD dan TK usahakan mencari sekolah yang memiliki kapasitas 25 anak dalam 1 ruangan serta 3 orang guru atu 1:8. Sedangkan untuk usia sekolah dasar sampai menegah usahakan dalam satu ruangan maksimal 35 anak.





8.      Lingkungan.
Pilihlah sekolah yang memiliki linkungan yang baik, aman dan nyaman. Ingat jangan memilih sekolah yang di lingkukan para berandalan atau di tepi jalan khusus bagi anak usia PAUD, TK dan SD.

9.      Basis (dasar) sekolah.
Carilah sekolah yang berbasis agama, sehingga melahirkan peserta didik yang yang berahlaq terpuji dan memiliki jiwa sosial tinggi sesuai dengan al-qur’an dan as-sunnah.

10.  Cari minat dan bakat.
Carilah sekolah yang sesuai dengan minat dan bakatnya, usahakan jangan memaksakan anak sesuai kehendak kita, apapila anak dipaksakan memilih sesuatu yang tidak sesuai maka ia akan berontak dan ini akan menghambat proses belajar mengajar, umumnya hal ini terjadi pada anak usia sekolah menegah.



11.  Kagitan ekstrakulikuler
Pilihlah sekolah yang memiliki banyak ekstrakulikurel, karena hal ini akan membantu anak untuk berkreasi dan bersosialisasi.





12.  Lihat ouputnya
Melihat ouput dari suatau sekolah adalah langkah yang manjur untuk melihat apakah sekolah tersebut berkualitas atau tidak. Ingat jagan melihat ouput suatu sekolah sekolah dari iklan yang di tampikan saja, tapi lihatlah ouput sekolah tersebut secara rill, karena bias saja apa yang diiklankan itu hanya sekedar pemanis buat para calon peserta didik. 

13.  Kunjungi sebelum memutuskan.
Sebelum kita benar-benar memilih suatu sekolah, usahakan kita sudah melihat langsung sekolah tersebut atau paling tidak mewakilkan orang yang sudah kita percayai.

1 komentar: